OSI LAYER

 assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, apa kabar teman temanku?semoga sehat selalu.
nah bertemu lagi di blog kesayangan anda,seperti biasanya saya akan berbagi ilmu. nah pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan apa itu osi layer,tujuan dan cara kerjanya.


A.PENGERTIAN OSI LAYER
                             
           ialah sebuah model referensi dalam bentuk kerangka konseptual yang mendefnisikan standar koneksi untuk sebuah komputer.

B. TUJUAN
            agar menjadi rujukan untuk para vendor dan development sehingga produk atau software yang mereka buat dapat bersifat interporate yang berarti dapat kerja sama dengan sistem atau produk lainya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si pengguna.

7 model osi layer
1. physical layer ialah layer pertama atau terendah dari model OSI dan yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan bit data digital dari physical layer perangkat pengirim  menuju ke physical layer perangkat penerima melalui media komuniksi jaringan.
2. data link layer bertanggung jawab untuk memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi pada saat proses transmisi data dan juga membungkus bit kedalam bentuk frame.
3. network layer bertanggung jawab untuk menetapkan jalur yang akan digunakan untuk melakukan transfer data antar perangkat didalam suatu jaringan.
4.transport layer bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan antara dua atau lebih host didalam jaringan.
5. session layer bertanggung jawab untuk mengendalikan sesi koneksi dialog seperti menetapkan,mengelola, dan memutuskan koneksi antar komputer.
6. presentatin layer bertanggung jawab untuk mendefnisikan sintaks yang digunakan host jaringan untuk berkomunikasi.
7.application layer merupakan lapisan paling atas pada model OSI yang bertanggung jawab untuk menyediakan interface antara protocol jaringan dengan aplikasi yang ada pada komputer.


C. CARA KERJA OSI LAYER


proses berjalanya data dari suatu host ke host yang lain pada sebuah jaringan terbilang cukup  panjang, semua data tersebut harus melalui setiap layer dari OSI untuk dapat sampai host tujuan.

proses yang terjadi pertama adalah pada application layer yaitu meyediakan program aplikasi email yang akan digunakan untuk mengirim data komputer lain melalui jaringan.pada presentation layer email tersebut kemudian dikonversi menjadi sebuah format jaringan.kemudian pada session layer akan dibentuk sesi perjalanan data tersebut dari mulai dibentuk hingga selesainya proses pengiriman.

pada transport layer data tersebut dipecah menjadi bagian bagian kecil lalu kemudian akan dikumpulkan menjadi kembali pada transport si penerima.lalu kemudian alur yang sama terjadi pada komputer tujuan namun dimulai dari layer paling bawah yaitu physical layer hingga layer yang paling atas application layer.


nah itu saja yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.
sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi 1 roúter 2 pc agar saling terhubung

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Kembali lagi di blog saya yang sangat bermanfaat insyaallah hehehe nah pada kesempatan kali ...